Jenis Hewan Buas yang Hidup di Alam Liar

Jenis Hewan Buas yang Hidup di Alam Liar

Jenis Hewan Buas yang Hidup di Alam Liar Dunia satwa merupakan pelajaran terpenting bagi manusia. Karena pada dasarnya, semua makhluk hidup mulai dari manusia, hewan dan tumbuhan merupakan 3 insan yang saling membutuhkan antara satu sama lain. Akan tetapi, tidak semua makhluk bersahabat secara konstan, karena mereka memiliki insting yang berbeda – beda dalam mencukupi kebutuhan hidup. Seperti halnya hewan buas yang hidup di alam liar, mereka cenderung memangsa hewan lain hingga manusia setiap hari.

Secara geografis, kehidupan manusia memang selalu berdekatan dengan alam liar. Hanya saja mereka tidak memiliki akses untuk menetap seumur hidup lantaran menghindari ancaman hewan buas. Ulasan kali ini akan mengupas secara detail daftar hewan paling buas di dunia yang mampu mengancam nyawa manusia.

Daftar Hewan Paling Buas dan Mematikan

Salah satu jenis hewan buas yang paling brutal adalah Mamalia. Karena mereka tak hanya handal dalam berburu, tapi juga mampu hidup di wilayah yang berbeda. Dan berikut kami lampirkan beberapa hewan paling buas dan mematikan di antaranya;

  1. Singa

Semua orang pasti tahu bahwa singa dikenal luas sebagai raja hutan. Walaupun hewan tersebut termasuk Mamalia, namun singa merupakan predator karnivora yang mampu memberikan ancaman paling nyata terhadap semua mahkluk hidup. Berdasarkan kehidupan alamnya, semua jenis singa hanya bisa bertahan hidup di alam bebas seperti semak belukar, hutan belantara, padang rumput dan sabana. Spesies ini tersebar secara luas di wilayah Asia, Afrika dan Eropa.

  1. Harimau

Harimau merupakan hewan paling buas yang memiliki legenda paling hidup paling kejam. Spesies kucing besar ini memang selalu hidup berdampingan dengan singa. Namun kedua klan tersebut memiliki misi yang berbeda dalam berburu. Dimana harimau sering berburu seorang diri, namun singa berburu secara berkelompok. Menurut catatan histori, kucing besar ini paling disegani kelompok singa dan klan vertebrata lainnya.

  1. Hyena

Tak cukup sampai di situ saja, boleh jadi nama Hyena tidak terlalu terkenal dalam kehidupan liar. Namun faktanya spesies tersebut mampu mengalahkan singa dan harimau saat berpapasan. Hyena memiliki kekuatan yang berpusat pada gigi dan kakinya. Sehingga mereka mampu melenyapkan kucing besar dalam hitungan detik. Hingga kini sebarannya tidak terlalu meluas, melainkan hanya ada di wilayah Afrika.

  1. Serigala

Jika dilihat, anjing merupakan hewan liar yang cukup mematikan. Namun serigala merupakan raja anjing terbuas di dunia. Spesies ini tergolong Mamalia Karnivora yang selalu beroperasi pada siang hari. Hewan yang satu ini memiliki insting predator paling tajam. Dalam sejarahnya, manusia dan serigala memiliki cerita permusuhan paling legendaris. Sebab mereka selalu masuk ke wilayah perkampungan dan melahap habis segala macam hewan ternak.

  1. Beruang

Lucu dan menggemaskan bukan berarti hewan tersebut jinak. Seperti halnya beruang, tentunya spesies ini memiliki rasa lapar yang berkepanjangan walau telah melahap habis 20 kg daging mamalia setiap hari. Walau bentuknya besar dan gemuk, namun beruang mampu berenang, memanjat dan berlari melebihi kecepatan singa. Sebarannya kini berada di wilayah Asia, Eropa dan Amerika.

  1. Buaya

Jangan pernah bermain – main di rawa besar, danau atau perairan kumuh. Karena bisa jadi di dalamnya terdapat klan buaya dari berbagai daerah. Hewan amfibi ini boleh jadi sering bersembunyi dalam setiap situasi. Namun mereka selalu memantau kedatangan makhluk asing di sekitar wilayahnya. Jenis hewan ini selalu melenyapkan mangsanya dengan cara menenggelamkannya ke dasar air.

  1. Banteng

Di wilayah Eropa, sebagian besar banteng sering dijadikan atraksi dalam berbagai pertunjukan. Namun spesies Herbivora ini merasakan hewan pemakan buah – buahan, daun dan rumput. Walau begitu, mereka mampu mengancam nyawa manusia dengan cara menyeruduk melalui tanduknya. Mereka selalu bersahabat dengan manusia, tapi keadaan berubah apabila mereka merasa terprovokasi secara langsung.

  1. Ular

Melihat bentuk tubuhnya yang bertekstur cantik dan menawan, bukan berarti hewan tersebut layak dipelihara. Ular merupakan hewan predator yang paling berbahaya bagi rakun, babi hutan, burung, tikus hingga manusia. Terkadang klan tersebut saling bermusuhan hanya demi mengamankan wilayah dan jatah makanan. Walau tidak semua ular berbisa dan beracun, namun generasi berikutnya mampu memberikan racun ganda akibat perkawinan silang.

Jenis Hewan Buas yang Hidup di Alam Liar

  1. Komodo

Memang benar bahwa kadal merupakan hewan yang cukup mempesona pada saat dipegang atau dipandang. Namun beda halnya jika Anda memegang komodo, tentunya hewan tersebut akan langsung menyerang. Hewan karnivora ini terlihat semakin buas lantaran jumlah populasinya mulai menurun. Mereka mengandalkan kuku tajamnya untuk berburu hewan lain dan bahkan manusia yang mendekatinya.

  1. Gorilla

Tak hanya ada dalam dunia perfilman internasional. Ternyata gorilla masih tetap hidup abadi hingga saat ini. Mereka terlihat malu saat berhadapan dengan manusia, namun insting predatornya akan muncul jika merasa terancam. Namun sayangnya populasi mereka telah dilindungi demi menghindari ancaman buruk dari hewan liar sejenisnya dan juga aktivitas manusia.

  1. Hiu

Dan hewan paling buas dan mematikan lainnya adalah hiu. Terbukti bahwa hewan tersebut tergolong super predator yang berada di lautan. Pada hakikatnya, hiu merupakan hewan pemangsa ikan dan jenis amfibi. Namun mereka sering menyerang aktivitas manusia baik pada saat menyelam atau berlayar. Mereka sangat buta warna sehingga tidak bisa membedakan antara singa laut, anjing laut dan manusia. Karena insting mereka mengatakan bahwa semua makhluk yang berenang di laut merupakan mangsa paling empuk.